Cara Kalibrasi Baterai BlackBerry & Fungsinya

Cara Kalibrasi Baterai BlackBerry & Fungsinya

Admin™
Administrator
Kali ini kami akan Sharing mengenai Cara Bagaimana kita Kalibrasi Baterai pada BlackBerry SmartPhone kita.
Dan tentunya juga akan saya jelaskan, apa sih Fungsinya Kalibrasi Baterai pada BlackBerry kita.

✽ ✽ Ada Dua macam cara Kalibrasi Baterai pada BlackBerry kita :

✽ Yang Pertama Kalau kita punya 2 baterai dengan tipe sama (sama" Original).

Cara nya sbb :

1. Pake BB sampe mati, trus cabut batrenya
2. Masukkin batre yg satu lagi sampe bb ke load sempurna, abis itu matiin, trus cabut baterainya.
3. Masukkin baterai yang pertama tadi
4. Charge BB sampe penuh (3-4 jam, saran: 4 jam)

✽ Yang Kedua Kalau Kita punya 1 baterai saja.

Caranya sbb :

1. Pake BB sampe mati
2. Diemin kurang lebih 1 menit (jangan terlalu lama)
3. BB dicharge (dalam keadaan mati) sampai penuh (3-4 jam, saran saya sampai 4 jam)

✽ ✽ Keterangan penting dan HARUS DIBACA :

> [...]

> Selain itu, ga usah terlalu berlebihan dalam melakukan kalibrasi baterai. Berlebihan disini misalnya tiap hari kalibrasi, atau tiap inul OS trus kalibrasi atau setiap gada kerjaan kalibrasi. Kalibrasi baterai sebaiknya dilakukan 1 bulan sekali, atau per 30 kali ngecharge, lakukan 1 kali kalibrasi.

> Dan biar batre awet, sekali lagi ditekankan, jangan kebiasaan baru ngecharge BB saat indikator batre jadi merah. Mendingan saat indikator kuning juga udah langsung dicharge.

Kalibrasi (calibrate) sesuai dengan asal katanya berarti mengatur/menyesuaikan kembali.
Jadi arti teknisnya menyesuaikan kembali dari keadaan yang kurang baik.

✽ Mengapa baterai perlu dikalibrasi...???

   Kita telah tahu bahwa batre Blackberry itu berjenis Li-ion. Jika kita sering charge batere padahal batere masih posisi 20% lagi misalkan, berarti 20% dari elektron-elektron sel itu jarang kita pakai, jika lama-lama sel-sel itu tidak dipakai maka sel akan mengalami kejenuhan (saturasi) dan sel akan mati tentunya. Untuk itu perlu adanya penggunaan batere sampai habis 0% dengan maksud elektron sel tadi itu jadi terpakai dan nanti dicharge lagi supaya sehat.

Terus apa sih Fungsi / Kegunaan Kalibrasi pada Baterai BlackBerry kita..???

✽ Fungsi / Kegunaan kalibrasi baterai :

> Untuk menyehatkan sel sel yang jarang terpakai sehingga tidak mati karena saturasi.
> Agar penunjukan persentase baterai akurat
> Untuk menstabilkan kinerja baterai dan health dari baterai jadi stabil.
> Untuk mencegah cepatnya baterai drop dan bocor
> Tentunya agar baterai awet dan umurnya panjang.

Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat pada semua pengguna BlackBerry.
Kalai ada salah mohon dikoreksi, maklum masih belajar & tetap belajar.
Terimakasih.

Salam.

Admin.
๑۩۞۩๑ JMS PHONE SERVICE™ - SOLUSI HANDPHONE ANDA ๑۩۞۩๑

HANDPHONE NEW & 2ND • SERVICE • ACESSORIES • APLIKASI
JL. KOLONEL SUGIYONO NO.1C PATI-JATENG
PHONE : (0295) 5524982 / 085 228 198 298
Email / YM : jmsphoneservice@yahoo.com
___oo00oo___